MASYA ALLAH, Inilah Pengaruh Membaca Al-Quran yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

Rabu, 13 April 2016


MASYA ALLAH, Inilah Pengaruh Membaca Al-Quran yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan" (Q.S Al Baqarah ayat 164 )

Seiring dengan pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, semakin banyak Fakta Ilmiah dalam Al-Qur'an yang sudah berhasil dibuktikan kebenarannya oleh para ilmuwan melalui penelitiannya.

Fakta Ilmiah tersebut baru-baru akhir abad ini ilmuwan dapat menjelaskanya, namun Sudah 14 abad yang lalu dijelaskan di dalam Al-Quran. Tidak ada lagi bacaan yang bisa tingkatkan pada daya ingat dan memberi ketenangan pada seorang terkecuali membaca Al­Qur’an. Subhanallah.

Seorang penelitim Dr. Al Qadhi, lewat penelitiannya di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, sukses menunjukkan bahwa hanya dengan dengarkan bacaan ayat ayat Al-Quran seorang Muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, bisa rasakan pergantian fisiologis yang sangatlah besar. Penurunan depresi, rasa sedih, memperoleh ketenangan jiwa, mencegah beragam jenis penyakit merupakan dampak umum yang dirasa orang ­orang yang menjadi objek penelitiannya. 

Penelitiannya ditunjang dengan pertolongan peralatan elektronik paling baru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, serta ketahanan kulit pada aliran listrik. Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan, bacaan Al-Quran punya pengaruh besar sampai 97% dalam melahirkan ketenangan jiwa serta pengobatan penyakit.

Riset Dr. Al Qadhi ini diperkuat juga oleh riset yang lain yang dikerjakan oleh dokter yang lainnya. Dalam laporan suatu riset yang di sampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada th. 1984, dijelaskan, Al­Quran dapat dibuktikan dapat menghadirkan ketenangan hingga 97% untuk mereka yang mendengarkannya.

Rangkuman hasil penelitian itu diperkuat lagi oleh riset yang dilakukan Muhammad Salim yang dipublikasikan Kampus Boston. Objek penelitiannya pada 5 orang sukarelawan yang terbagi dalam 3 pria serta 2 wanita. Kelima orang itu tidak mengerti bahasa Arab serta mereka juga tidak diberi tahu bahwa yang akan diperdengarkannya adalah kita suci Al­Qur’an.

Kesimpulannya dari penelitian itu, responden memperoleh ketenangan hingga 65% saat mendengarkan bacaan Al-­Qur’an serta memperoleh ketenangan hanya 35% ketika mendengarkan bahasa Arab yang tidak dari Al­Qur’an.

Al-­Qur’an juga memberi dampak besar bila diperdengarkan pada bayi. Hal itu disibakkan Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling serta Psikoterapi Islam di Malaysia pada th. 1997. Menurut penelitiannya, bayi yang berumur 48 jam yang diperdengarkan ayat­-ayat suci Al ­Qur’an  menunjukkan tanggapan tersenyum serta menjadi lebih tenang.

Berbeda dengan musik klasik, musik klasik bisa merubah kecerdasan intelektual (IQ) serta kecerdasan emosi (EQ) seseorang, namun bacaan Al ­Qur’an melebihi hal tersebut. Selain merubah IQ serta EQ, bacaan Al­ Qur’an memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).

Maha benar Allah yang sudah berfirman, “Dan jika dibacakan Al­Qur’an, simaklah dengan baik serta cermatilah dengan tenang supaya anda mendapat rahmat” (Q. S. 7 : 204).

Sungguh suatu kebanggan serta kebahagiaan yang besar, kita mempunyai Al­ Qur’an. Bacaannya memberi dampak besar untuk kehidupan jasmani serta rohani kita. 

Masha Allah
==================
Yuk Bagikan Artikel ini..
Mudah-mudahan jadi KEBAIKAN untuk kita semua.. Amin.

Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Ayo Share!
Distributed By My Blogger Themes | Design By Herdiansyah Hamzah